Perbedaan Mic UHF dan VHF, Apa Saja?

Ketika bicara soal mic wireless, kamu biasanya akan menemukan dua pilihan, yaitu mic UHF dan VHF. Lalu, apa ya perbedaan di antara keduanya? Untuk memahaminya, kamu bisa simak dulu penjelasan di bawah ini, ya!

Perbedaan Mic UHF dan VHF

Secara garis besar, perbedaan di antara keduanya ada di frekuensi transmisinya. Untuk mic UHF (ultra high frequency), rentang pitanya ada di kisaran 300MHz sampai 3000MHz dengan panjang gelombang 1m hingga 0.1m. Sedangkan pada mic VHF (very high frequency), rentang pitanya berkisar di angka 30MHz hingga 300 MHz serta memiliki panjang gelombang 10m hingga 1m.

Terlepas dari perbedaan di antara keduanya, baik mic wireless UHF maupun VHF sama-sama masih banyak digunakan untuk siaran TV, radio FM, smartphone, maupun radar. Hanya saja, masing-masing memang memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Baca juga :   Tips Memilih Gimbal Kamera yang Sesuai

Keunggulan dan Kekurangan Mic UHF

Dengan mempertimbangkan spesifikasinya, mic UF memiliki brand frequency yang lebih luas dibandingkan mic VHF. Oleh karena itu, penggunaannya lebih fleksibel. Kamu juga bisa meminimalisir risiko terjadinya “tabrakan” dengan frequency lainnya.

Mengapa? Salah satu alasan utamanya adalah karena radiasi sinyal radio di udara yang digunakan dalam penggunaan jalur frekuensi ini tidak sepadat frekuensi VHF. Dengan begitu, bisa dibilang kalau penggunanya juga tidak sepadat atau se-crowded frekuensi VHF. Dengan begitu, kualitas hasil suaranya juga lebih baik dibandingkan dengan jika kamu menggunakan mic VHF.

Keunggulan dan Kekurangan Mic VHF

Sementara itu, mic VHF paling cocok untuk penggunaan jarak dekat. Soalnya, propasi gelombang mic VHF di udara terbilang baik, di mana gelombang dapat disiarkan tanpa harus melalui partikel logam.

Baca juga :   Kamera Prosumer, Apa Itu dan Bagaimana Baik Buruknya?

Sedang kekurangannya sendiri ada pada popularitas mic VHF. Karena banyaknya orang yang menggunakan jenis mic wireless yang satu ini, artinya band frequency-nya juga banyak digunakan alias crowded. Dengan kondisi seperti ini, mic VHF pun lebih sensitif dan rentan akan gangguan sumber lainnya.

Itu tadi rangkuman perbedaan antara mic wireless UHF dan VHF. Semoga informasinya bisa membantumu, ya!

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 22:00